Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug

alah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia adalah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Sekolah tinggi penerbangan Curug berdiri pada tahun 1952 di Kemayoran, Jakarta. Pada tahun 1954, STPI yang awalnya bernama API (Akademi Penerbangan Indonesia) berpindah ke wilayah Tangerang, Banten. Setiap tahun, STPI Curug hanya menerima 20 siswa. STPI Curug adalah salah satu sekolah penerbangan yang memiliki bandara sendiri, jumlah pesawat latih mencapai 64 pesawat. Jam terbang calon pilot yang belajar di STPI Curug adalah 160 jam.

Jurusan di STPI Curug

Ada 4 jurusan di STPI Curug, jurusan tersebut adalah jurusan penerbang, jurusan teknik penerbangan, jurusan keselamatan penerbangan, jurusan manajemen penerbangan. Keempat jurusan STPI Curug terbagi ke dalam beberapa program studi. Berikut ini adalah rinciannya.

  1. Penerbang (D III)
  • – Penerbang Sayap Tetap
  • – Penerbang Sayap Putar
  • – Operasi Pesawat Udara/Flight Operation Officer
  1. Teknik Penerbangan (DIII)

– Teknik Pesawat Udara

– Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara

– Teknik Listrik Bandar Udara

– Teknik Mekanikal Bandar Udara

– Teknik Bangunan dan Landasan

  1. Keselamatan penerbangan (D III)

– Pemanduan Lalu Lintas Udara

– Penerangan Aeronautika

– Komunikasi Penerbangan

– Pertolongan Kecelakaan Penerbangan

  1. Manajemen penerbangan (D III)

– Operasi Bandar Udara

– Administrasi Perhubungan Udara

– Manajemen Transportasi Udara

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug adalah sekolah tinggi penerbangan negeri. STPI Curug memiliki tujuan untuk membentuk putra putri terbaik bangsa agar ahli dan terampil di dunia penerbangan, memiliki budi pekerti yang luhur dan dapat mewujudkan keselamatan penerbangan. Dalam mencapai tujuannya, STPI Curug menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain yang terkait di bidang penerbangan, seperti Air Asia Indonesia, Sriwijaya Air, GMF Aero Asia dan masih banyak lagi. Sekolah Tinggi Penerbangan di Indonesia tak hanya STPI Curug, ada sekolah tinggi penerbangan lain di Indonesia yang tak kalah berkualitas, seperti BIFA, Nusa Flying School, Proflight Pilot School.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *