Tips Mengatasi Perasaan Cemas Pada Anak Yang Seringkali Muncul

Anak-anak memang dinilai memiliki perasaan yang lebih dalam menyikapi sesuatu. Ada cukup banyak perasaan yang mudah ditunjukkan oleh anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya, salah satunya adalah rasa cemas. Rasa cemas biasanya muncul ketika seorang anak merasa tertekan, merasa ketakutan atau merasa minder karena hal tertentu. Masalah kecemasan yang muncul pada anak ini harus disikapi dengan baik oleh orang tua. Meskipun hal wajar dalam proses tumbuh kembang anak namun hal ini cukup penting karena rasa cemas yang senantiasa timbul akan menyebabkan anak kehilangan kepercayaan dirinya. Lantas, bagaimana tips guna mengatasi perasaan cemas tersebut?

Ada cukup banyak tips parenting mengenai langkah guna mengatasi perasaan cemas anak-anak. Adapun beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai orang tua untuk menangani masalah ini adalah sebagai berikut:

Menjadi Pendengar yang Baik

Biasanya, rasa cemas seorang anak muncul ketika ia tidak bisa menghadapi sesuatu sendiri. Dalam hal ini, sebagai orang tua, anda sebaiknya hadir sebagai pendengar yang baik untuk memahami apa yang mereka inginkan. Ajak anak anda berbicara dan berperan-lah menjadi seorang teman untuk mendengarkan ceritanya. Jika anak mau diajak bercerita, maka anda akan menjadi tahu apa masalah sebenarnya yang ia hadapi sehingga nantinya kecemasan tersebut bisa diredakan.

Memberikan Sentuhan

Hal lain di mana juga termasuk salah satu cara mengatasi perasaan cemas adalah dengan memberikan sentuhan. Memberikan sentuhan kepada anak pada bagian kepala atau bahu dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan yang muncul. Sentuhan tersebut akan berarti sebuah dukungan kepada anak dan merupakan ungkapan rasa sayang dari orang tua. Cobalah sentuh anak anda dan berikan rasa aman pada dirinya.

Hindari Bentakan

Hal lain yang sangat efektif untuk mengatasi perasaan cemas pada anak adalah menghindari bentakan. Beberapa orang tua terkadang kurang merasa sabar dalam menghadapi anaknya. Ketika si anak mulai merasa cemas karena sesuatu, beberapa orang tua justru menanyai nya dengan sebuah bentakan. Ini adalah hal yang salah dan sebaiknya tidak dilakukan. Oleh karena itu, sebagai langkah mengatasi perasaan cemas pada anak, berusahalah untuk selalu menghindari bentakan.

Membantu Anak Mengatasi Masalah

Ketika misalnya anak sudah memasuki usia sekolah, beberapa dari mereka mungkin akan merasa cemas ketika kesulitan dalam mengerjakan tugas. Mereka terkadang merasa kesulitan dan cemas akan mendapat nilai yang buruk. Nah, dalam hal ini peran dari orang tua menjadi sangat penting. Setiap ada masalah yang berimplikasi pada rasa cemas yang dirasakan oleh anak, maka orang tua harus hadir dan membantu anak untuk mengatasi masalah tersebut. Ini adalah bentuk dukungan yang sangat baik demi perkembangan anak.

Nah, beberapa poin di atas dapat digunakan untuk mengatasi perasaan cemas yang muncul pada anak. Dukungan orang tua kepada anak menjadi hal yang sangat penting karena rasa cemas yang muncul dan tidak ditindaklanjuti akan berefek pada rasa minder berkepanjangan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *