Hati hati, wanita sering buang air kecil bisa jadi karena ini!

Melayupost.info – Pada wanita, sering buang air kecil dapat disebabkan oleh berbagai alasan, seperti perubahan hormonal. Kondisi ini dapat digambarkan sebagai dorongan untuk buang air kecil lebih dari biasanya, bersama dengan peningkatan frekuensi buang air kecil. Peningkatan jumlah urin mungkin atau mungkin tidak terjadi. Rasa sakit atau sensasi terbakar juga bisa dialami oleh orang yang terkena. Gejala terkait dapat bervariasi dengan penyebab yang mendasarinya.

Sering buang air kecil lebih sering terjadi pada wanita, dibandingkan dengan pria. Sementara beberapa penyebab umum untuk kedua jenis kelamin, perempuan lebih cenderung menderita dari kondisi ini. Hal ini terutama karena konstitusi tubuh mereka dan tingkat fluktuasi hormonal yang relatif lebih tinggi. Masalah gaya hidup juga dapat berkontribusi pada masalah kesehatan seperti itu. Berikut ini adalah kompilasi dari beberapa penyebab umum untuk sering buang air kecil pada wanita.

Perubahan Hormonal: Variasi kadar hormon selama menstruasi, kehamilan, dan menopause dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini bisa disebabkan oleh efek hormon pada kemampuan peregangan kandung kemih. Dalam banyak kasus, peningkatan volume urin tidak diperhatikan. Baca juga: penyebab darah haid berwarna coklat kehitaman

Multiple Pregnancy: Penyebab lain untuk sering buang air kecil pada wanita adalah kehamilan ganda, yang dapat menyebabkan berkurangnya dukungan kandung kemih juga. Hal ini disebabkan oleh melemahnya otot dasar panggul dan otot kandung kemih, yang mengakibatkan ketidakmampuan kandung kemih untuk menahan dan melepaskan urin dengan benar. Kondisi ini juga dapat ditemukan pada wanita dengan kehamilan normal. Hal ini disebabkan oleh tekanan ekstra pada kandung kemih (yang disebabkan oleh pertumbuhan rahim). Selain itu, seperti pada kehamilan normal, perubahan hormonal terjadi pada beberapa orang juga, sehingga berkontribusi sering buang air kecil.

Infeksi Saluran Kemih: Salah satu masalah kesehatan umum pada wanita, infeksi saluran kemih adalah penyebab sering buang air kecil. Infeksi semacam itu menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan uretra dan kandung kemih. Orang yang terkena akan mengembangkan dorongan untuk sering buang air kecil. Dia mungkin juga mengalami rasa sakit / sensasi terbakar saat buang air kecil, dan urine bisa berawan dan berbau busuk. Dalam beberapa kasus, urin mungkin mengandung darah juga. Dalam kasus infeksi saluran kemih bawah, orang yang terkena mungkin merasa sulit untuk buang air kecil, meskipun dorongan kuat untuk melakukannya. Gejala-gejalanya dapat bervariasi tergantung lokasi dan tingkat keparahan infeksi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *